Yoghurt Pencegah Bau Mulut Saat Puasa



Berpuasa dan bau mulut adalah dua hal yang sering dikaitkan. Bau mulut saat sedang menjalani ibadah puasa sebenarnya lumrah. Namun, hal tersebut dapat membuat percaya diri menurun dan mengganggu jika harus bertemu dengan banyak orang. Maka dari itu penting untuk menjaga kebersihan mulut walau sedang berpuasa.

Dilansir dari kolomsehat.com, penyebab bau mulut  saat berpuasa karena keringnya mulut selama berpuasa. Tanpa asupan makanan, fungsi mengunyah pada mulut secara otomatis tidak dilakukan.  Hal ini membuat kelenjar ludah tidak memproduksi air liur dalam jumlah cukup. Produksi air liur inilah yang membuat mulut tetap lembab dan menjaga nafas mulut tetap segar.

Demikian disampaikan dokter spesialis gizi klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr. Marya Haryono, M.Gizi, SpGK, ditulis Rabu (8/7/2015). health.liputan6.com

Menurut Marya, kurang minum, mengakibatkan menurunnya jumlah kandungan air liur selama berpuasa. Hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah koloni bakteri yang bisa menimbulkan bau mulut.

"Kandungan probiotik dalam yogurt seperti hidrogen sulfida  dapat menurunkan kadar bahan penyebab terjadinya bau mulut, sehingga dengan mengonsumsi yogurt setiap hari, dapat membuat nafas menjadi segar dan terhindar dari bau mulut," katanya.

Selain rajin menggosok gigi setelah makan sahur dan berkumur dengan obat kumur, cara alami mencegah bau mulut saat berpuasa adalah dengan mengkonsumsi yoghurt. Penelitian di Jepang menyatakan, mengkonsumsi plain yoghurt dapat menghilangkan bau mulut secara alami. Karena kandungan gula alami pada makanan ini dapat menghilangkan komponen sulfur pada mulut yang memicu terjadinya bau mulut.

Selain itu bakteri baik pada minuman fermentasi susu ini dapat melawan bakteri penyebab bau mulut. Minuman ini juga kaya akan vitamin c yang mampu mengurangi plak dan penyakit gusi. Dua hal tersebut merupakan pemicu dari masalah gusi berdarah dan peradangan pada mulut yang dapat menyebabkan bau mulut.

Apalagi jika pekerjaan kita menuntut kita untuk harus selalu berhadapan dengan orang banyak, misalnya menjadi customer service, marketing, public relation, dan semacamnya. Untuk itu penting bagi kita selalu menjaga kebersihan mulut meskipun sedang menjalankan ibadah puasa tanpa harus membatalkan puasa kita.

Untuk itu dianjurkan mengkonsumsi plain yoghurt setiap santap sahur dan berbuka. Selain berfungsi untuk melancarkan dan menjaga sistem pencernaan selama puasa, Anda juga bisa terbebas dari gangguan bau mulut.

 


Sumber :

http://health.liputan6.com/read/2268289/rahasia-puasa-tanpa-bau-mulut

http://id.theasianparent.com/cegah-bau-mulut-saat-puasa/2/

http://www.dreamersradio.com/lifestyle/article/21118/konsumsi-yoghurt-mencegah-bau-mulut-saat-puasa

Gambar :

http://www.dreamersradio.com/lifestyle/article/21118/konsumsi-yoghurt-mencegah-bau-mulut-saat-puasa


info lebih lanjut hubungi:

Bpk.Dede Komarudin/Ibu Farida

Tlp/Hp:022-75017190/08112290361 Pin: 283E24BD

Follow  juga yaa

IG : @DAFFYOGHURT

FB : Daff Yoghurt

twitter : @daffyoghurt

web : daffyoghurt.com
 

Artikel Lainnya

 
Artikel

Yoghurt Isi Nata Decoco

Saat ini kegiatan begitu padat, semua aktifitas maunya diikuti semua... ada kegiatan di sana pingin…

 
Artikel

Daff Yoghurt Gelar Produk Saat Perayaan Imlek di Miko Mall

Hasil kerjasama antara Managemen Miko Mall, Paskhas dan PPKM Kab Bandung, diantaranya adanya gelar produk…

 
Artikel

Bitterballen Cream Kefir Keto

Bahan A:250 gr daging sapi cincang1 butir bawang bombai ukuran kecil2 siung bawang putih1 batang…

 
Artikel

Keto Tokyo Banana Cotton Cake

Bahan-bahan :3 sdm tepung almond2 sdm pemanis1,5 sdm butter leleh1,5 sdm yoghurt atau sour cream1/4…