Yoghurt : Dipercaya Menurunkan Kolesterol

Dalam tubuh kita, kolesterol bergerak melalui aliran darah dan melekat pada protein. Protein ini bergerak seperti truk, mengikat kolesterol dan mengangkutnya ke berbagai bagian tubuh. Kolesterol (lipid) dan protein ini disebut Lipoprotein (LDL), didasarkan pada seberapa banyak protein dan lemak yang mereka miliki. LDL atau kolestrol "buruk" adalah lemak dengan protein yang sedikit. Tinggiya kadar koestrol LDL dapat menyumbat arteri di sekitar jantung dan dapat membuat anda pada resiko terkena penyakit jantung seperti stroke, dan serangan jantung. Disisi lain, HDL atau kolestrol "baik" adalah kolesterol yang lebih banyak mengandung protein daripada lemak dan membantu membuang kolesterol LDL yang berlebihan dari darah anda sehingga kolesterol HDL dapat melindungi anda dari penyakit jantung.


Seseorang yang memiliki kolesterol tinggi pasti akan melakukan berbagai cara agar kolesterol dalam darahnya turun dan berada pada angka yang normal. Telah banyak diketahui pula bahwa banyak makanan, minuman maupun obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengatasi kolesterol tinggi. Mulai dari bahan yang alami hingga obat yang telah diproses secara kimia. Namun bagaimana jika suatu bakter dapat menurunkan kolesterol ?

Peneliti yang diketuai oleh Mitchell Jones dan McGill University di Montreal, Canada, mengatakan bahwa para ilmuwan telah mengembangkan peneliti tentang peran probiotik untuk melawan penyakit kronis, seperti penyakit jantung. Jones mengatakan untuk pertama kalinya, satu penelitian menunjukkan bahwa formulasi probiotik dapat mengurangi kadar kolesterol yang tergolong "jahat" dan asam lemak jenuh yang terdapat di dalam tubuh.

Manfaat bakteri telah diketahui dapat memberikan efek untuk kesehatan tubuh. Tentu saja tidak semua bakteri dapat menyehatkan. Bakteri yang baik ini disebut dengan probiotik. Oleh karena itulah makin banyak produk-produk makanan maupun minuman yang terdapat  kata probiotik pada label kandungan zat. Probiotik dapat membuat sistem pencernaan tubuh menjadi lancar dan sehat. Namun tidak hanya menyehatkan sistem pencernaan, masih ada beerapa manfaat yang didapat dari probiotik.

Probiotik dapat ditemukan pada bahan makanan seperti keju tua, yoghurt dan suplemen-suplemen. Namun mendapatkan probiotik yang paling mudah adalah dari yoghurt. Yoghurt merupakan susu yang difermentasikan dan mengandung probiotik Lactobacillus reuteri. Menurut penelitian, konsumsi yoghurt yang menandung bakteri dapat menurunkan kolesterol jahat. Sehingga darah menjadi lebih bersih dari kolesterol. Selain itu, orang yang mengkonsumsi yoghurt dapat mengatasi penyakit kronis lainnya.

Tidak hanya kolesterol jahat yang mengalami penurunan, kadar kolesterol baik dan juga kadar trigliserida juga menunjukkan perubahan ke level yang lebih baik bagi kesehatan tubuh. Zat asam lemak jenuh dalam darah juga dapat berkurang. Dengan konsumsi probiotik, total kolesterol dalam darah mengalami penurunan hingga jumlah 9 peren. Bakteri lactobacillus dapat menurunkan kolesterol karena merupakan hasil fermentasi yang dapat membuat kelebihan garam dalam tubuh dan juga menajemen kolesterol menjadi lebih optimal. Bagi penderita kolesterol tinggi, sebaiknya mengkonsumsi 25 gram probiotik setiap hari untuk mendapatkan tubuh bebas kolesterol. 

info lebih lanjut hubungi:

Bpk.Dede Komarudin/Ibu Farida

Tlp/Hp:022-75017190/08112290361 Pin: 283E24BD

Follow  juga yaa

IG : @daffyoghurt

FB : Daff Yoghurt

twitter : @daffyoghurt

web : daffyoghurt.com