Penggunaan Asam Sitrat pada Yoghurt

Yoghurt secara alami akan menghasilkan asam yang disebut asam laktat. Asam laktat ini didapat dari proses di dalam bakteri yoghurt yang mengubah laktosa (gula susu) menjadi asam laktat. Biasanya, makin tinggi kadar laktosa pada susu,maka makin banyak asam laktat yang terbentuk pada yoghurt, sehingga yoghurt menjadi sangat asam dan tidak nikmat dikonsumsi. Untuk menekan terbentuknya asam laktat yang berlebihan, maka anda dapat menggunakan susu rendah laktosa yang berlebihan, maka anda dapat menggunakan susu rendah laktosa yang mahal, atau cara yang murah adalah dengan mengurangi lama inkubasi susu. Lakukan secara trial dan error sampai didapat keasaman yang diinginkan.


Namun, dalam kasus tertentu, terkadang saat anda memproduksi yoghurt, ternyata rasa asam yang dihasilkan sangat sedikit sehingga yoghurt terasa hambar. Yoghurt memang mengental, namun rasanya hambar, kurang asam,. Dalam kasus ini, maka asam sitrat dapat digunakan.

Asam sitrat asalah asam yang sangat 'food grade'. Asam ini terdapat secara alami di buah jeruk dan buah-buahan asam lainnya. Anda tidak perlu khawatir dengan asam sitrat ini.

Mengenai pemakaian asam sitrat maupun informasi penambahan asam sitrat ke dalam yoghurt, silahkan anda cek di google dengan kata kunci 'citric acid yoghurt'.


Source:
rajayoghurt.blogspot.com
Image Source:
manfaat.co

info lebih lanjut hubungi:

Bpk.Dede Komarudin

Tlp/Hp:08112290361 Pin: 283E24BD

Follow  juga yaa

IG : @daffyoghurt

FB : Daff Yoghurt

twitter : @daffyoghurt

web : daffyoghurt.com