Yoghurt Mencegah Kanker Usus

Yoghurt kini digemari sebagai makanan sehat. Rasanya asam-asam manis dan segar. Selain sensasi segar dalam yoghurt sangat baik untuk mencegah kanker. Nutrisi di dalamnya ampuh sebagai penangkal sel kanker. Kanker usus merupakan salah satu jenis kanker yang mematikan. Pada awalnya orang dengan penyakit tersebut biasanya tidak memiliki gejala sama sekali. Sementara sel-sel kanker telah menyebar di luar usus, pada saat seseorang terlambat mengetahui, perawatan akan menjadi sulit dan sering tidak mungkin untuk menyembuhkan. Tanda-tanda yang terjadi saat terkena penyakit ini adalah kram perut, keluar darah saat buang air besar, kehilangan berat badan secara tidak jelas, mudah merasa lelah, merasa ingin buang air besar padahal tidak.


Kanker usus dapat dideteksi setelah stadium lanjut sehingga lebih baik melakukan pencegahan daripada pengobatan karena pengobatan yang dilakukan akan merusak usus. Maka dari itu supaya terhindar dari penyakit yang mematikan ini, ada baiknya makanlah secara teratur jenis makanan yang mengandung nutrisi yang tinggi. Seperti yoghurt.

Yoghurt merupakan makanan yang penting untuk diet pankreas. Selain itu nutrisi yoghurt juga bisa membantu menjaga keseimbangan sistem pencernaan serta membantu mengurangi risiko kanker, terutama payudara dan usus.

Hasil penelitian juga melaporkan mengkonsumsi yoghurt secara teratur dapat mencegah kanker, terutama usus, payudara dan kandung kemih. Kandungan dalam yoghurt dapat memicu sistem pertahanan tubuh, seperti meningkatkan zat interferon dan memproduksi sel-sel yang mampu menggempur bibit-bibit tumor.

Unsur probiotik dalam yoghurt juga akan menekan pertumbuhan dan aktivitas mikroba dalam usus halus pemproduksi karsinogen dan unsur lain yang dapat menimbulkan kanker. Yoghurt bisa memproduksi senyawa butyrate yang akan menstimulasi tubuh untuk mampu membunuh sel-sel abnormal penyebab tumbuhnya kanker.

Yoghurt bersifat mengaktifkan friendly bacteria didalam usus sehingga dapat memperbaiki dan menyempurnakan fungsi pencernaan. Tidak hanya itu, yoghurt memiliki daya antibiotika yang dapat menghindarkan pembusukan terlalu dini di dalam usus halus, sehingga dapat menormalkan keseimbangan didalam usus halus.

Bakteri-bakteri yang berperan dalam yoghurt dapat mengubah zat-zat prekarsinogenik (zat-zat pemicu kanker) yang ada dalam saluran pencernaan, hingga mampu menghambat terjadinya kanker dan mencegah jantung koroner. Seperti yang kita ketahui, yoghurt sudah dimasukan bakteri baik yang tidak menimbulkan penyakit. Maka dari itu konsumsi terus Daffyoghurt secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.