Mencegah Penyakit Saat Perubahan Musim

Pergantian musim biasanya kita mudah sakit. Apalagi ketika musim hujan, cuaca yang basah memicu munculnya sejumlah penyakit. Biasanya penyakit musim hujan disebabkan oleh lingkungan yang basah, lembab, dan kurang bersih. Selain itu daya tahan tubuh yang menurun karena perubahan cuaca membuat penyakit lebih mudah menyerang.


Penyakit yang biasanya sering muncul seperti batuk, demam, dan flu. Daripada mengisi tubuh dengan obat penghilang rasa sakit, lebih baik untuk mengatur gaya hidup kita sehari-hari. Untuk meminimalisir ancaman penyakit saat perubahan musim, berikut tipsnya :
- minum air putih setiap hari

- minuman hangat, ketika cuaca hujan perbanyak untuk minum air hangat untuk membantu tubuh agar tetap hangat

- minimal 2 kali mandi dalam sehari, untuk mencegah kuman akibat keringat setelah beraktivitas

- olahraga minimal 1 jam dalam sehari

- Konsumsi makanan yang sehat agar terjaga dengan baik, tingkatkan konsumsi makanan kaya vitamin dan serat seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu, yoghurt bisa dijadikan tambahan agar usus dan tulang terbantu. Pada penelitian yang diterbitkan British Journal of Nutrition menyatakan yoghurt berguna untuk merangsang memproduksi zat sistem kekebalan tubuh melawan penyakit, mengurangi keparahan pilek dan infeksi pernapasan atas.

- Selalu jaga kebersihan terutama pada tangan sangat penting untuk mencegah terserang penyakit

Tips tadi hanya tindakan pencegahan dasar yang mudah dlakukan saat perubahan musim.